MODEL-MODEL KARNAUGH MAP

11/04/2018 00:20

Selain dengan metode Aljabar, suatu fungsi logika Boolean dapat disederhanakan dengan metode Karnaugh Map (Peta Karnaugh). Teknik penyederhanaan dengan membuat gambar kotak-kotak (map) yang jumlahnya disesuaikan dengan jumlah input. Jika terdapat 2 input misalnya A dan B, maka jumlah kotak adalah empat. Jika terdapat tiga input misalnya A, B, dan C maka jumlah kotak adalah 8, dan seterusnya. Empat dan delapan diperoleh dari 2 n dimana n adalah jumlah input.

Sebelum melakukan penyederhanaan fungsi logika Boolean, sebaiknya dipahami terlebih dahulu model-model Karnaugh Map (K-Map) serta pemetaan masing-masing model tersebut. Pemahaman model-model K-map dan pemetaannya dapat mempermudah proses penyederhanaan dengan metode Karnaugh. Setiap penyederhanaan fungsi logika dapat dilakukan dengan model mana saja selama jumlah inputnya sama. Dengan kata lain, apapun model K-map yang digunakan akan menghasilkan penyederhanaan yang sama.

Di bawah ini adalah beberapa model Karnaugh Map, Pemetaan K-Map, dan Tabel Kebenaran untuk dua input, tiga input, dan empat input.

Model K-Map 2 Input

Tabel Kebenaran 2 Input

Pemetaan K-Map 2 Input

 

Model K-Map 3 Input

Model K-Map 3 input

Model Pemetaan K-Map 3 input

Model Pemetaan 3 Input

Tabel Pemetaan 3 Input

 

Model K-Map 4 input

Pemetaan K-Map 4 input

Tabel Kebenaran 4 input

 

Catatan : Jika suatu fungsi logika terdiri dari 3 atau 4 input, maka metode penyederhanaan dengan Karnaugh Map dapat lebih mudah jika dibandingkan dengan penyederhanaan dengan metode Aljabar.