PERTEMUAN 1 SEJARAH DAN JENIS–JENIS SISTEM PEMELIHARAAN

29/03/2009 16:41

PERTEMUAN 1
SEJARAH DAN JENIS–JENIS SISTEM PEMELIHARAAN

ARTI DAN FUNGSI PEMELIHARAAN

Definisi Pemeliharaan : Suatu kombinasi dari berbagai tindakan yang dilakukan untuk menjaga suatu barang dalam, atau memperbaikinya sampai, suatu kondisi yang bisa diterima. Pada bulan April 1970 didefinisikan sebuah istilah untuk Teknologi Pemeliharaan yang mencakup pengertian yang lebih luas dari pada pengertian Pemeliharaan diatas. Istilah ini adalah Teroteknologi.

Definisi Teroteknologi : Suatu kombinasi dari manajemen, keuangan, perekayasaan dan kegiatan lain yang diterapkan bagi asset fisik untuk mendapatkan biaya siklus hidup ekonomis, hal ini berhubungan dengan spesifikasi dan rancangan untuk keandalan serta mampu pelihara dari pabrik, mesin-mesin, peralatan, bangunan dan struktur dengan instalasinya, pengetesan, pemeliharaan, modifikasi dan penggantian dan dengan umpan balik informasi untuk rancangan, unjuk kerja dan biaya.

Kata ‘Teroteknologi’ diambil dari kata Yunani ‘Terein’ yang artinya ‘merawat’, ‘menjaga’, ‘memelihara’.

1.2. JENIS PEMELIHARAAN

Jenis pemeliharaan terbagi menjadi dua, yaitu:

Ø   Pemeliharaan Terencana

Ø   Pemeliharaan Tak Terencana

 Pemeliharaan terencana terbagi menjadi dua aktivitas utama, yaitu :

Ø   Pencegahan

Ø  Korektif

Bagian utama dari Pemeliharaan Pencegahan meliputi pemeriksaan yang berdasar pada ‘Melihat, Merasakan, mendengar’ dan penyetelan minor pada selang waktu yang telah ditentukan serta penggantian komponen minor yang ditemukan perlu diganti pada saat pemeriksaan.

Pemeliharaan Korektif meliputi reparasi minor, terutama untuk jangka waktu yang pendek yang mungkin timbul diantara waktu pemeriksaan.

TUJUAN UTAMA  MANAJEMEN PEMELIHARAAN

 Tujuan utama pemeliharaan dapat didefinisikan sebagai berikut:

  • Untuk memperpanjang usia kegunaan asset (yaitu setiap  bagian dari suatu tempat kerja, bangunan dan isinya). Hal ini terutama penting dinegara berkembang karena kurangnya sumber daya modal untuk penggantian. Dinegara-negara maju kadang-kadang lebih menguntungkan untuk ‘mengganti’ daripada ‘memelihara’.
  • Untuk menjamin ketersediaan optimum peralatan yang dipasang untuk produksi (atau jasa) dan mendapatkan laba investasi (return of investment) maksimum yang mungkin.
  • Untuk menjamin kesiapan operasional dari seluruh peralatan yang diperlukan dalam keadaan darurat setiap waktu, misalnya unit cadangan, unit pemadam kebakaran dan penyelamat, dsb.
  • Untuk menjamin keselamatan orang yang menggunakan sarana tersebut